STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karna potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.
Menurut pendapat Swastha Strategi “adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.”
Dan Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Strategi Pemasaran memiliki tujuan yaitu;
* Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
* Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
* Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Umumnya kegiatan pemasaran berkaitan dengan koordinasi beberapa kegiatan bisnis. Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut ;
1. Faktor Mikro
a) Perantara Pemasara
b) Pemasok
c) Pesaing
d) Masyarakat
2. Faktor Makro
a) Demografi
b) Ekonomi
c) Politik
d) Hukum
e) Teknologi
f) Sosial
g) Budaya
Hal yang perlu di perhatikan untuk Pemasaran 4P, Yaitu ;
a) Place ( Tempat yang strategis )
b) Product ( Produk yang bermutu )
c) Price ( Harga yang kompetitif )
d) Promotion ( Promosi yang gencar )
Dari sudut pandang konsumen ;
a) Kebutuhan dan keinginan konsumen ( Customer needs and wants )
b) Biaya konsumen ( Cost to the customer )
c) Kenyamanan ( Convenience )
d) Komunikasi ( Comunication )
10 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis
1. Facebook
2. Twitter
3. Instagram
4. Path
5. Kaskus
6. Google+
7. Market Place
8. Blog
9. Email Marketing
10. Youtube
5 Strategi Pemasaran Produk
Menjaga hubungan baik dengan memperhatikan dan melayani pelanggan adalah kunci sukses pemasaran. Coba bayangkan ketika ada pelanggan yang ingin bertanya tentang produk , tetapi malah diacuhkan oleh si penjaga toko atau manajemen perusahaan ?
pasti dengan atau tanpa peringatan konsumen akan balik kanan. Menganggap konsumen sebagai rekan bisnis yang baik akan membuat konsumen merasa dekat secara emosional sehingga tidak menutup kemungkinan konsumen akan loyal terhadap produk kita.
Berikut akan diulas mengenai teknik pemasaran produk yang baik dengan tujuan perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang optimal.
Strategi Pemasaran Produk
1. Tentukan Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan
Untuk mengetahui kebutuhan konsumen sebaiknya dilakukan riset pemasaran lebih dulu yaitu melakukan pengamatan dan pengumpulan informasi sederhana tentang produk dan jasa apa yang dibutuhkan, kapan produk / jasa itu diperlukan, siapa saja yang membutuhkan produk dan berapa jumlahnya, caranya dengan survey ataupun menyebarkan kuisioner kepada masyarakat.
2. Pilihlah Pasar Sasaran
Ada tiga jenis pasar sasaran khusus, yaitu:
Pasar individual merupakan pasar yang memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan secara individual. Jenis pasar ini sangat cocok untuk perusahaan kecil dan menengah.
Pasar khusus adalah pasar yang memberikan pelayanan untuk konsumen tertentu, misalnya petani, pegawai, pedagang dan sebagainya. Jenis pasar khusus sangat cocok untuk jenis perusahaan kecil.
Pasar tersegmentasi adalah pasar yang menyediakan pelayanan khusus kelas konsumen tertentu,misalnya pelanggan kelas berpendapatan tinggi, berpendapatan sedang dan kelas pelanggan berpendapatan rendah. Konsumen juga dikelompokan berdasarkan geografis (desa, kota), demografis (usia, jenis kelamin, pendapatan, tingkat pendidikan) dan kelas / tingkat sosial, gaya hidup serta faktor perilaku.
3. Tetapkan Posisi Pasar
Setelah menentukan segmentasi pasar, langkah selanjutnya adalah menentukan posisi yang ingin diduduki segmen tersebut. Menetapkan posisi pasar ialah menentukan produk ditempat yang lebih jelas, dan mempunyai karakteristik (keunggulan) sehingga dapat menimbulkan hasrat terhadap produk tersebut dalam pikiran konsumen daripada produk sejenis yang lain.
4. Penetapan Strategi Penjualan dalam Persaingan
Perusahaan seharusnya siap untuk melakukan bauran pemasaran sebagai strategi dalam pengelolaan perusahaan. Bauran pemasaran merupakan kombinasi antara penawaran produk, penetapan harga, metode promosi, dan sistem distribusi untuk menjangkau kelompok konsumen tertentu.
5. Tentukan Strategi Penjualan yang Paling Tepat
Memilih strategi dengan menempatkan keempat bauran pemasaran, produk, harga, promosi, dan distribusi tadi.
Tahapan Program Penjualan
Untuk melakukan program penjualan harus dilakukan tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Persiapan Sebelum Penjualan
Di tahap ini kegiatannya adalah dengan membekali tenaga penjualan dengan definisi produk yang akan dijual, pasar yang akan dituju, dan teknik penjualannya. Baca juga: pengertian modal (ekuitas)
2. Penentuan Lokasi Pembeli Potensial
Pada tahap ini kegiatannya adalah menentukan segmen pasar yang menjadi sasarannya. Pada tahap ini lah dapat kita susun daftar calon pembeli bahkan pembeli potensial.
3. Pendekatan Pendahuluan
Hal berikut wajib dilakukan sebelum melakukan penjualan yaitu kita harus mengetahui kriteria tentang calon pembeli. Beberapa informasi perlu dikumpulkan seperti kegemaran atau kesukaan konsumen atau tentang produk apa yang sedang digunakan dan bagaimana reaksinya, yang demikian itu merupakan pendekatan pendahuluan terhadap pasarnya.
4. Melakukan Penjualan
Pendekatan pendahuluan dilakukan untuk membangun hubungan emosional kepada konsumen dan mempengaruhi mereka untuk mencapai tujuan akhir yaitu pembelian.
5. Pelayanan Sesudah penjualan (Purna jual)
Transaksi bisnis yang baik sebenarnya tidak hanya berakhir ketika pembeli membeli produk kita, pada beberapa produk yang tahan lama (televisi, kendaraan bermotor, barang elektronik lainnya), setelah pembelian, perusahaan / produsen harus memberikan pelayanan purna jual. Pelayanan purna jual adalah layanan yang diberikan setelah pembelian contohnya seperti garansi, promo service gratis, konsultasi dll.
Terimah kasih,
Semoga bermanfaat,salam sukses.
Penulis : IYUS SARAGIH
Komentar
Posting Komentar